Jumat, 03 Juni 2011

Pantai Punai

Pantai Punai ini terletak di sisi Tenggara pulau Belitung, pada sudut yang berlawanan dengan Tanjung Binga. Pantai Punai terletak di desa Tanjung Kelumpang. Perjalanan ke sana ditempuh dalam waktu 1.5-2 jam dengan mobil dari Tanjungpandan. Perjalanan ini akan menarik jika anda berminat untuk melihat daerah pedalaman Belitung. Kota terdekat adalah Gantung, kira-kira 35km di Utara Tanjung Kelumpang. Pantai di sini berpasir putih dan di beberapa bagian dihiasi oleh batu-batu granit kecil dengan laut biru yang tenang dengan panorama pohon kelapa disepanjang pesisirnya, dengan karakter pantai tersebut sungguh cocok untuk berenang, memancing dan snorkeling.

Tempat ini memang tidak seindah Tanjung Tinggi, tetapi suasana di sini benar-benar sepi, kecuali di akhir pekan, anda mungkin bisa menemui beberapa pengunjung. Di depan pantai ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Punai.

Jika air laut sedang surut, anda bisa berjalan kaki ke Pulau Punai ini, yang dulunya terkenal dengan banyak burung punai. Desa Tanjung Kelumpang adalah produsen utama buah kelapa. Desa ini sebenarnya adalah perkebunan kelapa, termasuk pantai Punai. Pemandangan di tempat ini berbeda dari pantai-pantai lainnya meskipun tidak seindah Tanjung Tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar