Sabtu, 19 Maret 2011

Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi yang berjarak 85 Km dari kota Tanjungpandan, Pantai ini bertetangga dengan Desa Burung Mandi, yaitu sebuah desa nelayan yang berada di Kecamatan Manggar. Lokasi pantai ini mudah dicapai dengan segala jenis kendaraan bermotor. Pantai yang panjangnya sekitar 1500 meter dan lebar antara 20-30 meter ini juga merupakan tempat bagi nelayan menambatkan perahunya. Perahu yang digunakan nelayan dinilai cukup unik yaitu berupa perahu yang mempunyai "tangan" disebelah kiri dan kanan yang berfungsi sebagai pengaman. Masyarakat menyebutnya perahu "Kater".




Pantai ini memiliki karakteristik pantai berpasir coklat dan halus dengan laut biru yang tenang, di sepanjang pantai ratusan pohon pinus laut yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan. dengan panorama gunung Burung Mandi yang indah. Laut disinipun tenang dan cocok untuk berenang dan memancing, kecuali dalam musim angin barat karena gulungan ombak besar. Ini terjadi sekitar bulan September s/d Desember. Di pantai burung mandi ini Anda tidak akan menemukan satu pun batu granit raksasa di pantai ini.


Pantai ini diberi nama Pantai Burung Mandi bukan karena banyak burung sedang mandi tapi karena, Di sebelah timur laut Belitung ada sebuah gunung yang bernama burung mandi, yaitu 18km arah Barat kota Manggar. Pantai burung mandi juga sangat unik karena, hanya ada satu pantai di Belitung yang memiliki gunung sebagai latar belakang.Di dekat pantai burung mandi terdapat sebuah Vihara.


Tempat ini dikenal sebagai tempat ibadah Kong Fu Chu terbesar di Belitung, Vihara ini hong shui nya sangat bagus karena dibangun di lereng gunung Burung Mandi. Dan Dari tempat ini, anda bisa memandang laut lepas di sekitar pantai Burung Mandi. Vihara ini bernama vihara Buddhayana. Vihara ini sangat terkenal di Belitung, Setiap bulan Februari tempat ini dipadati oleh penziarah untuk melakukan ibadah dalam rangka peringatan imlek. Meskipun tempat ini adalah tempat religius, pengunjung boleh datang untuk berwisata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar